Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIARAN PERS BKN: Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

SIARAN PERS BKN: Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB, 1 Jam Menaklukkan Tes CPNS 2024: Dapatkan Buku-Buku Gratis Tes CPNS, Jadwal Resmi Seleksi Penerimaan CPNS 2024, Daftar Instansi yang Membuka Lowongan Bagi Lulusan SMP dan SMA/SMK, Penerimaan CPNS Lulusan SMA/SMK Tahun 2024: Panduan Lengkap Pendaftaran dan Syarat, Cek Formasi dan Daftar Link Resmi Pendaftaran CPNS 2024

PUSTAKASAWERIGADING.COM - Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan segera membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Pendaftaran ini dijadwalkan dimulai pada tangga 20 Agustus 2024, dengan berbagai formasi yang tersedia di sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah.

Menurut informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), terdapat 29 formasi yang dibuka khusus untuk lulusan SMA/SMK. Beberapa instansi yang membuka lowongan ini antara lain Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). 

Dalam Siaran Pers BKN disebutkan bahwa Penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 mulai diumumkan hari ini tanggal 19 Agustus 2024 sesuai dengan Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 13 Agustus 2024 tentang Jadwal Seleksi CPNS Tahun 2024 di Instansi Pusat dan Daerah. 

Disebutkan pula, proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN yang mulai tanggal 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB sampai dengan 06 September 2024. 

Adapun informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi.


[SIARAN PERS]

Nomor: 008/RILIS/BKN/VIII/2024

Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

Penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 mulai diumumkan hari ini – 19 Agustus 2024 sesuai dengan Surat Kepala BKN Nomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tanggal 13 Agustus 2024 tentang Jadwal Seleksi CPNS Tahun 2024 di Instansi Pusat dan Daerah. Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN mulai tanggal 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB sampai dengan 06 September 2024. Adapun informasi ketersediaan formasi dan keterangan jabatan yang dibuka, termasuk detail job-desk, serta kisaran penghasilan akan tersedia di portal SSCASN pada kolom Menu Pencarian Informasi.

Untuk daftar lowongan kuota formasi per-instansi pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah) akan diumumkan oleh masing-masing instansi secara bertahap dan dapat dicek pada menu pencarian informasi secara berkala. Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN.

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS Tahun 2024 sebanyak 250.407 bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah. Terkait proses pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini sendiri, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Purtanto menyebutkan secara keseluruhan proses rekrutmen CPNS  akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas, mulai dari aspek kesiapan dukungan infrastruktur seperti akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) Kominfo, monitoring keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), monitoring teknologi infrastruktur dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Mengingat salah satu syarat yang dapat mendaftar menjadi CPNS adalah Warga Negara Indonesia, maka BKN melakukan interoperabilitas data calon pelamar dengan data kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab atas data kependudukan. Tujuannya agar data pelamar melalui portal SSCASN dapat terverifikasi secara sistem sesuai data kependudukan yang tercatat di Dukcapil Kemendagri.

Sebelum memulai pendaftaran, para pelamar CPNS 2024 diminta untuk membaca detail persyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya. Pelamar juga diharapkan membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar.

Terakhir, setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, pelamar diimbau agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran. (ed)

****

1 Jam Menaklukkan Tes CPNS 2024: Dapatkan Buku-Buku Gratis Tes CPNS - Pustakawan Menulis

Jadwal Resmi Seleksi Penerimaan CPNS 2024 - Pustakawan Menulis

Daftar Instansi yang Membuka Lowongan Bagi Lulusan SMP dan SMA/SMK - Pustakawan Menulis

Penerimaan CPNS Tahun 2024: Jadwal, Jumlah Formasi, dan Instansi yang Membuka Lowongan - Pustakawan Menulis

Daftar Link Laman Resmi Seleksi CASN 2024: Cek Formasi dan Syarat Pendaftaran - Pustakawan Menulis

Cek Formasi dan Daftar Link Resmi Pendaftaran CPNS 2024 - Pustakawan Menulis

Jadwal Lengkap Penerimaan CPNS dan PPPK 2023, Menteri PANRB: Pahami Tahapannya dengan Baik - Pustakawan Menulis

Jadwal Final Penerimaan CPNS 2023, Menteri PANRB: Cermati Tahapan dan Persyaratannya - Pustakawan Menulis

Penerimaan CPNS 2023 Segera Buka September, Cek Syaratnya di sscasn.bkn.go.id - Pustakawan Menulis

PT Pertamina Buka 20 Lowongan Kerja Mulai SMA/SMK dan S1 Semua Jurusan - Pustakawan Menulis

Cek Nama Honorer yang Akan Diangkat Jadi ASN PPPK 2023 - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Buka untuk Tamatan SMA, Cek Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Punya Jalur Khusus, Ini Penjelasan MenpanRB dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Penerimaan CPNS 2023 Bakal Dibuka? Ini Penjelasan MenpanRB, Prioritas Calon dan Persyaratannnya - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 Punya Jalur Khusus, Ini Penjelasan MenpanRB dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023, Peserta Wajib Miliki Akun di sscasn.bkn.go.id, Ini Cara Daftarnya - Pustakawan Menulis

CPNS 2023 Buka untuk Tamatan SMA, Segera Cek di sscasn.bkn.go.id untuk Syarat CPNS 2023 - Pustakawan Menulis

Pendaftaran CPNS 2023 untuk Lulusan SMA, Ini Syaratnya dan Dokumen yang Harus Disiapkan di sscasn.bkn.go.id. - Pustakawan Menulis

Rekrutmen BUMN Dibuka 11 Mei, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya - Pustakawan Menulis

Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Syarat dan Dokumen yang Harus Disiapkan - Pustakawan Menulis

Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Ini Tata Cara dan Alur Pendaftaran - Pustakawan Menulis

Daftar Posisi untuk Lulusan S1/Diploma IV dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023 - Pustakawan Menulis

****

Bagi yang berminat mendapatkan buku-buku menarik, silakan download GRATIS di SINI.

Ayat-ayat Semesta, Sisi-sisi Al-Qur'an yang Terlupakan - Pustakawan Menulis

Nabi Islam Muhammad, Biografi dan Panduan Bergambar Landasan Moral Peradaban Islam - Pustakawan Menulis

Sejarah Puasa dalam Islam - Pustakawan Menulis

Sejarah Para Khalifah, Menguak Jejak Khalifah yang Mendunia - Pustakawan Menulis

Ramadhan Bersama Nabi, Panduan Puasa, Shalat Tarwih, Lailatul Qadar, I'tikaf dan Dzikir Ramadhan

Kitab Ihya’ Ulumiddin, Karya Monumental Imam Al Ghazali (Jilid 1, 2, 3 dan 4) - Pustakawan Menulis

Kerancuan Filsafat, Imam Al Ghazali (Sang Penyembelih Ayam Bertelur EMAS) - Pustakawan Menulis

Ayat-ayat Setan Yahudi, Dokumen Rahasia Yahudi Menaklukkan Dunia dan Menghancurkan Agama - Pustakawan Menulis

Sejarah Kudeta Mekkah, Misteri yang Tak Terkuak - Pustakawan Menulis